Selasa, 28 Januari 2020

Ceramah islami

*TUNTUNAN ISLAM MENYIKAPI MUSIBAH*

*Oleh : KH. M. Shiddiq Al-Jawi*

*Mukadimah*
Para ulama mendefinisikan musibah sebagai “segala sesuatu yang dibenci yang terjadi pada manusia” _(kullu makruuhin yahullu bi al-insan)_ (Ibrahim Anis dkk, _Al-Mu’jam al-Wasith,_ hlm. 527).

Berbagai musibah yang sering terjadi di Indonesia akhir-akhr ini, seperti gempa bumi dan banjir misalnya, benar-benar telah melahirkan berbagai hal yang dibenci, seperti robohnya rumah, kematian anggota keluarga, rusaknya perabotan, dan sebagainya.

Bagaimana tuntunan Islam dalam menyikapi musibah seperti ini? Bagi *shahibul musibah* (muslim yang terkena musibah) Islam memberikan pedoman sikap antara lain sebagai berikut :

*1. IMAN DAN RIDHO TERHADAP KETENTUAN (QADAR) ALLAH*

Kita wajib beriman bahwa musibah apa pun seperti gempa bumi, banjir, wabah penyakit, sudah ditetapkan Allah SWT dalam Lauhul Mahfuzh. Kita pun wajib menerima ketentuan Allah ini dengan lapang dada (ridho). Allah SWT berfirman :

مَا أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي أَنْفُسِكُمْ إِلَّا فِي كِتَابٍ مِنْ قَبْلِ أَنْ نَبْرَأَهَا ۚ إِنَّ ذَٰلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ

“Tiada suatu bencana pun yang menimpa di bumi dan pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.” (QS al-Hadid [57] : 22)

Kita pun wajib menerima taqdir Allah ini dengan rela, sesuai sabda Rasulullah SAW :

إِنَّ عِظَمَ الجَزَاءِ مَعَ عِظَمِ البَلاءاللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِهُ وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا.
“Ya Allah, Dzat yang dipertuhankan manusia, semoga Engkau berkenan menghilangkan kesusahan dan menganugrahkahkan kesembuhan pada ia yang sedang dicoba sakit, karena Engkau adalah Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan rasa sakit”

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda